Ingin Tampilan Win 7 pada Win XP???

6 Dec 2009

siapa sih yang g kenal sama win 7?

itu loh OS yang baru dirilis microsoft akhir 2008 kemaren…..

okelah kalo begitu kita langsung saja pada penggunaan tool apa saja yang harus digunakan.

untuk pertama kalinya kita menggunakan tool UXTheme Patcher Xp SP2 bisa download disini dan untuk SP3 klik disini Setelah di-patch, barulah kita bisa memodifikasi segala tampilan pada Windows XP. Download paketnya dengan cara klik di sini. Di sana terdapat 3 folder yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

  • Fonts, digunakan untuk mengubah font default Windows XP menjadi Segoe UI. Cukup jalankan file bernama Fonts.exe untuk memasangnya.
  • Styler Toolbar, digunakan untuk mengubah tampilan toolbar dan commandbar pada Windows Explorer. Cukup jalankan file bernama First Install Me.exe kemudian Then Run Me.exe
  • Theme, digunakan untuk mengubah theme pada Windows XP. Cukup jalankan file bernama Theme.exe untuk memasangnya seterusnya aktifkan segala perubahan melalui Desktop Properties

Untuk selanjutnya kita langsung menuju cara merubah icon,tapi sebelumnya kita harus punya aplikasi icon packager dulu bisa didownload disini . Kemudian download icon-nya dengan cara klik di sini dan buka file bernama VistaVG.iconpackage menggunakan Stardock IconPackager kemudian apply.

Selanjutnya kita masuk begian Bootscreen pada dasarnya untuk bootsreen kita dapat menggantinya dengan aplikasi TuneUp Utilities saja lha untuk bootscreenya senddiri dapat diambil disiniwindows7_beta_boot_screen

Untuk Welcome Screen, kita harus me-replace file bernama logonui.exe yang terletak di %windir%system32 dengan file baru yang bisa di-download di sini. Kalau Anda kesulitan me-replace, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Replacer yang bisa di-download disini.

Sekarang saatnya kita merubah Taskbar untuk hal ini kita butuh tweaking sedikit,begini caranya :

  1. Buka Start->Run atau Win + R
  2. Ketik regedit (tanpa tanda kutip)
  3. Akses key berikut ini : HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\WindowMetrics
  4. Perhatikan kolom sebelah kanan. Buat string baru bernama MinWidth dengan cara klik kanan kemudian New->String
  5. Isi value data-nya dengan angka -255
  6. Klik OK dan restart komputer untuk melihat hasilnya.

default_small_taskbar_buttons

Untuk mengembalikannya seperti semula, Anda cukup menghapus string MinWidth tersebut. kalau anda kesulitan dan malas untuk tweaking coba download aplikasi Taskbar Iconizer disini.

Sekarang kita beralih ke aplikasi yang mungkin agak asing buat teman-teman yaitu Aero Shake, Aero Snap dan Aero Peek. Untuk penjelasannya ada dibawah ini :

Aero Shake adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk me-minimize semua jendela nonaktif hanya dengan menggoyang-goyangkan jendela aktif. Misalnya kita sedang bekerja dengan banyak jendela tetapi yang kita gunakan saat itu hanya 1 saja dan kita ingin me-minimize semua jendela nonaktif saat itu maka kita cukup dengan menggoyang-goyangkan jendela aktif itu. Download Aero Shake disini.

Aero Snap adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk me-minimize dan me-maximize suatu jendela hanya dengan menggesernya ke salah satu sisi monitor. Download Aero Snap disini.

Aero Peek adalah fitur pada Windows 7 yang memungkinkan kita untuk menampilkan desktop dan memunculkan aplikasi yang sedang berjalan dalam bentuk kotak kecil yang bisa diintip apa isinya bila kita mengarahkan pointer di atasnya. Hampir mirip dengan fitur Show the Desktop. Download Aero Peek disini.

Tahap selanjurnya kita membuat tampilan calculator menjadi seperti win 7 yaitu dg cara download aplikasi calculator disini buka dan install setelah itu jadilah calculator win 7 seperti tampilan dibawah ini.

windows_7_calculator_for_xp

Perlu diketahui bahwa aplikasi di atas berjalan dengan menggunakan Microsoft .NET Framework. Jadi pastikan Microsoft .NET Framework sudah ter-install pada komputer Anda Disarankan versi 3.5 bisa disikat disini.

Nah Sekarang kita akan mengubah tampilan My Computer. Windows 7 dapat menampilkan indikator ruang terpakai dan ruang kosong pada hard disk. Untuk Windows XP cukup install aplikasi kecil bernama Vista Drive Status Utility yang bisa diambil disini.

Kemudian kita akan mengubah tampilan address bar pada Windows XP agar navigasi menjadi lebih mudah. Caranya dengan menggunakan aplikasi bernama QTAddressBar yang bisa disikat disini dan disitu atu keduanya juga boleh lah…. :-)

setelah diambil silahkan install,maka hasil tampilannya akan seperti ini (dengan catatan NetFrameWorknya terinstall terlebih dahulu.

ss_address

Sekian Informasi dari saya tentang Migrasi XP —> 7 semoga apa yang saya share ini dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca semua, saya tunggu comentarnya biar saya dapat menulis yang lebih baik dan menarik lagi…. :-)


TAGS Pengetahuan Tweaking Visual


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post